Minggu, 11 Juni 2017

RPP KELAS IIIK13 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
TEMATIK TERPADU
              
Nama Sekolah
SDN KEDALEMAN IV
Kelas/Semester
III/II (DUA)
Tema
5. Permainan  Tradisional            
Sub Tema
3. Melestarikan Olahraga dan Permainan  
    Tradisional di Daerahku
Pembelajaran ke
3(TIGA)
Alokasi Waktu
 (2x35 menit )

A. Kompetensi Inti (KI)
1. Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki prilaku jujur,disiplin, tanggung jawab, santun, peduli dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar , melihat, membaca ) dan bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya , makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda benda yang di jumpainya di rumah dan di sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sitematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B. Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
1.2 Meresapi keagungan Tuhan yang maha Esa atas penciptaan mahluk hidup. Hidup sehat benda dan sifatnya, energi dan perubahan bumi dan alam semesta
2.1 Memiliki  kepedulian dan rasa tanggung jawab terhadap makhluk hidup, energi dan perubahan iklim serta bumi dan alam semesta melalui pemanfaatan bahasa indonesia dan atau bahasa daerah
3.5 Menggali informasi dari teks permainan / dolanan daerah  tentang kehidupan  hewan dan tumbuhan dengan bantuan guru atau teman dalam Bahasa Indonesia lisan dan tulisan yang dapat diisi dengan kosa kata bahasa daerah  untuk membantu pemahaman.
4.5 Mendemontrasikan teks permainan / dolanan daerah tentang kehidupan hewan dan tumbuhan secara mandiri dalam Bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah  untuk membantu penyajian.

Matematika
1.1  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukan sikap cermat dan teliti jujur, tertib dan mengikuti aturan, serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas
2.3 Memiliki sikap terbuka,objektif, menghargai pendapat dan karya teman sebaya dalam diskusi kelompok maupun aktifitas sehari-hari
3.8    Menemukan unsur dan sifat bangun datar sederhana berdasarkan pengamatan.
4.10 Menghasilkan berbagai bangun datar yang di peroleh melalui kegiatan melipat dan
         menggunting  atau cara lainnya.

SBdP
1.1  Memuji keunikan kemampuan manusia dalam berkar6ya seni dan beraktifitas sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
2.1 Menunjukan sikap berani mengekspresikan diri dalam berkarya seni.
3.5 Memahami makn kjarya seni budaya dendan bahasa daerah setempat.
4.17 Menceritakan makna karya seni budaya dengan bahasa daerah setempat.

C  Indikator pencapaian kompetensi
Bahasa Indonesia
3.5.1Mengidentifikasikan informasi berdasarkan teks tentang permainan/dolanan dengan bahasa daerah setempat.

Metematika
3.8.2   Mengelompokkan bangun datar berdasarkan unsur pembentuknya.
4.10.1 Membuat berbagai bangun datar melalui kegiatan menggambar.

SBdP
3.5.1    Mengidentifikasi karya seni tari yang berasal dari budaya daerah.
4.17.1 Mempresentasikan makna tarian seni budaya dengan bahsa daerah setempat.

D. Materi Pembelajaran
Jenis seni teater tradisional
 Bermain Peran
Unsur bangun datar 4 sisi dan bukan 4 sisi





E. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
a.    Pembelajaran dibuka dengan guru memberi salam, menyapa, dan mengajak semua peserta didik berdoa dengan khidmat.
b.    Guru melakukan komunikasi tentang kehadiran peserta didik dan mengisi lembar kehadiran.
c.    Mengkondisikan peserta didik sebelum memulai kegiatan pembelajaran dengan memeriksa kerapihan, posisi dan tempat duduk yang disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
d.    Guru membuka kelas dengan pertanyaan apakah siswa pernah menonton atau menyaksikan pertunjukkan drama?
e.    Siswa mendengarkan penjelasan guru bahwa salah satu seni budaya adalah seni teater. Seni teater ini dikenal pula dengan nama lain yaitu drama. Bermain peran merupakan salah satu bentuk pertunjukkan teater. Indonesia memiliki banyak teater tradisional dari berbagai daerah.
f.     Siswa membaca petunjuk tentang teater dibuku siswa.
g.    Siswa bersama-sama bertepuk “Jenis Teater Tradisional Indonesia”
-          Wayang prok prok
-          Lenong prok prok
-          Ludruk prok prok
-          Ketoprak prok prok
-          Mamanda prok prok

h.    Dalam kelompok, siswa membahas pengalaman mereka menonton seni teater tradisional di daerah masing-masing. Perwakilan siswa dapat menyampaikan atau berbagi pengalaman tersebut kepada teman-temannya.

 

i.      Setelah menyampaikan pengalamannya, siswa membuat pertanyaan terkait dengan wacana seni teater.
j.      Pertanyaan tersebut dituliskan didalam kotak yang telah tersedia. 
k.    Siswa menukar pertanyaan yang dituliskan kepada teman.
l.      Siswa saling menjawab pertanyaan yang diajukan oleh temannya.
m. Beberapa perwakilan siswa dapat maju kedepan untuk membacakan pertanyaan dan jawabannya.
15 menit
Kegiatan Inti


a.    Kegiatan dilanjutkan dengan mendengarkan penjelasan guru bahwa pada hari ini kita akan bermain peran.
b.    Siswa mengikuti instruksi yang ada dibuku siswa, yaitu : - Bacalah percakapan dibawah ini dengan teliti.  – Buatlah kelompok, dan tentukan peran masing-masing. – Hafalkanlah dialog dalam percakapan. – Peragakanlah didepan kelas.
Secara bergiliran kelompok siswa menunjukkan kebolehannya dlam berakting didepan kelas.
c.    Siswa yang lain dapat memberikan komentar atas penampilan kelompok siswa lainnya.
d.    Kegiatan selanjutnya adalah mengelompokkan bangun datar.
e.    Siswa mengamati bangun ruang yang ada di buku siswa.

f.     Siswa menyebutkan nama bangun ruang yang ada dibuku siswa.
g.    Siswa menggunting bangun datar yang ada dilembar buku siswa.


h.    Siswa mengelompokkan bangun datar yang diguntingnya kedalam dua kelompok, apakah kelompok yang mempunyai sisi empat atau bukan.
i.      Siswa menempelkan bangun datar tersebut ditempat yang tepat dibuku siswa.
j.      Kegiatan diakhiri dengan berdoa penutup kegiatan hari ini.

45 menit
Kegiatan Penutup

a.    Siswa mengisi daftar refleksi harian. (mencoba).
b.    Guru meminta siswa bersyukur kepada  Tuhan atas karunia –Nya hari ini.

Kegiatan di tutup dengan  berdoa bersama yang dipimpin  oleh siswa (mencoba).

10 menit






















G. Penilaian, Pembelajaran Remedial, dan Pengayaan.
1. Teknik Penilaian
a. Sikap : Teliti, Cermat, Percaya iri.
b. Pengetahuan : Tes Tertulis
c. Keterampilan :  Unjuk Kerja

2. Instrumen Penilaian
  a. Lembar Penilaian Sikap

No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Teliti
Cermat
Percaya Diri
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1.
ADHITYA ALFY ALFAIQ












2.
AHMAD SYAHRULLAH












3.
AGISNA RIZKY HASANI












4.
ALMIRA BRYNA R












5.
ANNISA NURFITRIYAH













b. Penilaian Pengetahuan  : Tes tertulis
a.  Latihan membuat pertanyaan dan menjaab pertanyaan.
b. Mengelompokkan benda datar berdasarkan banyak sisinya.

PENILAIAN TES PENGETAHUAN

NO
NAMA
MATA PELAJARAN
B.INDONESIA
SBDP
MATEMATIKA
3.5
3.5
3.8
1
ADHITYA ALFY ALFAIQ



2
AHMAD SYAHRULLAH



3
AGISNA RIZKY HASANI



4
ALMIRA BRYNA R



5
ANNISA NURFITRIYAH



           
c. Keterampilan
a. Bercerita seni teater tradisional setempat.

Rubrik Penilaian Bercerita

No.
Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1.
Kemampuan Presentasi Bercerita

Siswa bercerita dengan lancar
Sebagian cerita disampaikan dengan lancar
Sebagian kecil cerita disampaikan dengan lancar
Belum mampu bercerita
2.
Volume Suara
Terdengar sampai seluruh ruang kelas
Terdengar sampai setengah ruangan kelas
Terdengar hanya bagian depan ruang kelas
Suara sangat pelan dan tak terdengar

b. Bermain Peran

Rubrik Penilaian Bermain Peran

No.
Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1.
Ekspresi

Mimik wajah dan gerak tubuh sesuai dengan dialog secara konsisten
Mimik wajah dan gerak tubuh sesuai dengan dialog, namun tidak konsisten
Mimik wajah dan gerak tubuh sedikit yang sesuai dengan dialog
Monoton tanpa ekspresi
2.
Volume Suara
Terdengar sampai seluruh ruang kelas
Terdengar sampai setengah ruangan kelas
Terdengar hanya bagian depan ruang kelas
Suara sangat pelan dan tak terdengar

c.       Observasi Keterampilan menggunting benda datar

No.
Kriteria
Terlihat
Belum Terlihat
1.
Siswa mampu menggunting sesuai garis bentuk bidang datar.
---
---
2.
Siswa mampu menempelkan dengan rapi.
---
---


PENILAIAN KETRAMPILAN

NO
NAMA
PENILAIAN BERCERITA
PENILAIAN BERMAIN PERAN
KEMAMPUAN PRESENTASI BERCERITA
VOLUME SUARA
EKSPRESI
VOLUME SUARA
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
ADHITYA ALFY ALFAIQ
















2
AHMAD SYAHRULLAH
















3
AGISNA RIZKY HASANI
















4
ALMIRA BRYNA R
















5
ANNISA NURFITRIYAH



















NO
NAMA
PENILAIAN  KETRAMPILAN MENGGUNTING BENDA DATAR
SISWA MAMPU MENGGUNTING GARIS BENTUK BIDANG DATAR
SISWA MAMPU MENEMPELKAN DENGAN RAPI
TERLIHAT
BELUM TERLIHAT
TERLIHAT
BELUM TERLIHAT
1
ADHITYA ALFY ALFAIQ




2
AHMAD SYAHRULLAH




3
AGISNA RIZKY HASANI




4
ALMIRA BRYNA R




5
ANNISA NURFITRIYAH




































H.   Media , Alat, bahan dan Sumber Pembelajaran
Media :
1.      Gambar Seni Teater Tradisional Indonesia.
2.      Bola Bekel dan bola basket.
3.      Gambar bangun datar 4 sisi dan bukan 4 sisi.

      Alat :
-          Gunting

Bahan :
-          Lem


--- Sumber :

Kemendikbud. 2015. Buku Siswa Tema 5 “Permainan Tradisional”. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemendikbud. 2015. Buku Guru Tema 5 “Permainan Tradisional”. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.



Mengetahui,                                                                           Cilegon,  21   Januari 2016
Kepala Sekolah                                                                        Guru Kelas III B


Hj. Ratna Suhartini, M.Pd                                                     Safuroh, S.Pd
NIP. 19600420 198001 2 001                                                  NIP. 19670413 2008012 004


Lembar Kerja (LK)


Diskusikan bersama temanmu, seni teater tradisional dari daerahmu dan sampaikan di depan kelas!




 














Nama Kelompok :
Ketua :
Anggota : 1.
                  2.
                  3.
                  4.
                  5.
                  6.



Buatlah pertanyaan dari wacana tentang seni teater diatas! Tukarkan pertanyaanmu dengan pertanyaan temanmu!

Jawablah pertanyaan temanmu dengan tepat!

Pertanyaan 1





Jawaban 1
Pertanyaan 2





Jawaban 2
Pertanyaan 3





Jawaban 3
Pertanyaan 4





Jawaban 4
Pertanyaan 5





Jawaban 5



Apakah bentuk bola bekel dan bola basket?
Perhatikan bangun datar berikut:
Guntinglah bangun datar di bawah ini lalu tempelkan pada kelompok bangun datar yang tepat!









 
Bangun Datar                   Bangun Datar
bukan 4 Sisi                                                          dengan 4 Sisi







MEDIA PEMBELAJARAN

Tema 5      : Mengenal Olahraga dan Permainan Tradisional
ST3            : Melestarikan Olahraga dan Permainan di                      daerahku

1. PERTUNJUKKAN WAYANG
2. LENONG


3. LUDRUK


4. KETOPRAK

5. MAMANDA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

video KBM di rumah kls 3b th 2020